Rabu, 03 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia Pada Masa Kini

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20.

Menurut anda apakah peran bahasa Indonesia pada masa kini???

Menurut saya peranan bahasa indonesia pada masa sekarang ini mulai pudar, karena adanya fenomena dengan bahasa gaul di masa sekarang ini.

Dan masa sekarang juga jarang sekali orang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam percakapan sehari-hari karena bisa dikatakan bahasa indonesia yang baik dan benar itu terlalu baku. Mungkin itulah yang menyebabkan adanya fenomena bahasa gaul atau 4L4Y.

Tidak hanya itu bahasa asing juga berperan dalam pengkikisan bahasa indonesia, ini bisa dilihat dari sekolah-sekolah yang menggunakan bahasa pengantarnya bahasa asing. 

Walaupun seperti itu bahasa Indonesia adalah alat pemersatu bangsa karena bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang di gunakan oleh bangsa Indonesia, yang di diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar